klinik Gigi Joy Dental Yogyakarta : Mau Pasang Kawat Gigi/Behel? WAJIB ke Dokter Ortho! (part. 1)

7:29:00 PM 25 Comments A+ a-

 Hi all,
di blog postku kali ini, aku mau share pengalaman yang tidak menyenangkan (BANGET!) tentang pasang kawat gigi alias behel hanya di dokter gigi biasa dan bukan di dokter gigi spesialis ortho dan gimana sampai pada akhirnya aku merasa terbantu banget sama Klinik Joy Dental jogja.

Kepengenan buat pasang kawat gigi alias behel sebenernya udah ada sejak aku masih SMA, tapi niat itu dulu ga pernah bisa terealisasi karena kepentok masalah biaya. Aku pribadi mau pasang behel bukan untuk gaya-gayaan si (dan ga pernah ngerti dimana bagusnya pake behel itu kok bisa banyak orang yang pasang just for fashion), tapi murni karena aku pengen ngerapiin gigiku. Gigi depan bagian bawahku berantakannya minta ampun, tumpang tindih satu dengan yang lain bikin sisa makanan yang nyelip diantara gigi susah dibersihkan dan akhirnya bikin karang gigi dimana-mana. Sedangkan gigi depan bagian atas, gigi no.2nya gingsul maju kedepan dan *ehem* agak sedikit tonggos. Nah sebenarnya yang bikin aku uncomfortable banget adalah gigi atasku, karena agak maju jadinya kalau aku tutup mulut selalu ada kesan bahwa aku ini cemberut, and that's why I keep insisting that I have to put on braces!

Sampai kira-kira kurang lebih 11 bulan yang lalu, tiba-tiba suami ga ada angin ga ada hujan dengan sangat baik hatinya bilang ke aku kalau dia mau bantu bayarin biaya untuk pasang behel dan siapa si yang ga girang setengah mati. FINALLY,  one of my biggest dreams comes true!
Langsung deh sibuk sana sini cari dokter gigi untuk pasang behel dan disinilah aku pertama kalinya bikin kesalahan karena memprioritaskan cari dokter/klinik yang tarifnya paling murah tanpa melihat lebih lanjut background pendidikan dokter tersebut.

Singkat ceritanya, dari 3 kandidat dokter yang aku survey, pilihanku jatuh ke 1 dokter, sebut saja dokter A yang menawarkan tarif pasang behel paling murah pada saat itu, yaitu sekitar 3.5 juta belum termasuk cabut gigi, tambal, pembersihan karang, dll. Dokter A sendiri adalah dokter gigi biasa dan sama sekali bukan dokter spesialis ortho.
Proses sampai kepada pemasangan behel di dokter A ini sendiri cukup panjang, tapi sebenernya pada proses ini aku sudah mempunyai beberapa kecurigaan awal yaitu, yang pertama "kok karang gigiku sama sekali tidak dibersihkan ya?". Padahal kalau denger cerita dari banyak temen yang udah pernah pasang behel, pembersihan karang gigi itu sangat penting sekali karena bisa mempengaruhi gerak pergeseran gigi. Kecurigaanku yang kedua adalah, Dokter A pada saat itu menyebutkan, bahwa untuk memasang behel tidak bisa sembarangan, harus ada perhitungannya khususnya. Namun sampai pada detik behel aku dipasang, perhitungan yang dibilang itu sama sekali tidak ditunjukan ke aku. Tapi karena pada saat itu aku sudah terlanjur membayar DP untuk pasang behel disana, akhirnya aku tepis aja kecurigaanku dan memilih untuk blindy trust this doctor. And that's one of the BIGGEST MISTAKES that I've ever made.

setelah pasang behel di Dokter A ini, Behel yang sudah terpasang sering sekali lepas. Dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu pasti behel bagian belakang atau bukaltup beberapa kali suka copot padahal saat itu pun aku jarang makan makanan yang keras. Dan kejadian ini bikin aku harus repot bolak-balik kembali ke Dokter A. Padahal biaya pemasangan kembali behel yang lepas di dokter A sama sekali tidak murah. Tidak hanya itu saja, setiap kali kontrolpun, Dokter A mencharge aku dengan biaya yang terbilang mahal, yaitu sekitar 500rb hanya untuk ganti kawat saja. Disinilah kecurigaanku yang lain mulai keluar, "Masa si biaya kontrol behel bisa sampai semahal itu?".
Keinginan untuk pindah kontrol sebenarnya sudah berkali-kali aku pikirkan, tapi selalu aku urungkan karena ternyata pindah kontrol behel dari 1 dokter gigi ke dokter gigi lain itu tidaklah semudah bikin indomie (halah...). Untuk pindah kontrol dokter ortho harus ada sejumlah biaya tansfer yang harus dibayarkan, dan beberapa dokter malah menyarankan untuk bongkar behel dan pasang behel dari awal lagi.

Sampai pada akhirnya, memasukin bulan keempat pemasangan behel, biaya kontrol yang di charge oleh dokter A semakin tidak masuk akal. Beliau menarik biaya sampai 900rb lebih hanya untuk biaya ganti kawat dan karet saja. Saat itulah akhirnya aku memutuskan untuk bertanya ke beberapa teman yang sudah pernah pasang behel dan semua orang bilang bahwa mereka tidak pernah membayar sampai segitu banyaknya hanya untuk biaya ganti karet dan kawat saja. Dan akhirnya, karena sudah merasa sangat tidak nyaman dengan Dokter A, aku memutuskan untuk mencoba kontrol ke Klinik Joy Dental.

Seperti yang sudah aku sebutkan diatas, tidak semua dokter ortho mau menangani pasien transfer dari dokter lain. Apalagi kalau dokter kita sebelumnya bukan dokter ortho atau malah lebih parahnya cuma tukang gigi biasa aja. Dan pengalaman ini memang sudah benar-benar aku rasakan sendiri. Kelimpungan cari dokter sana-sini untuk pindah dokter cuma di Klinik Joy Dental aja yang pada saat itu akhirnya bersedia membantu aku dan akhirnya membuatkan janji dengan Dokter Gigi Ortho disana yaitu drg. Yenny Maria, Sp. Ort.

Pada saat bertemu dengan drg. Yenny Maria, Sp. Ort, Beliau tanya ke aku, "alasannya pindah kontrol apa, mbak?". Pada saat itu, aku yang merasa cuma bermasalah dengan masalah biaya saja dengan dokter A ya bilang jujur ke drg. Yenny Maria, Sp. Ort kalau aku tersandung masalah biaya kontrol yang tidak masuk akal di dokterku sebelumnya. Tapi ternyata ada beberapa berita yang kurang enak aku dapatkan dari drg. Yenny Maria, Sp. Ort. setelah Beliau mengecheck gigiku. Dari masalah prosedur pemasangan behel yang kurang sesuai dan informasi lain yang paling bikin aku lemes adalah kemungkinan bahwa ada pencabutan gigi yang kurang pas pada geraham bagian bawahku. Padahal gigi gerahamku bawah yang dicabut itu adalah gigi sehat yang sama sekali tidak ada bolong-bolongnya.

Singkat cerita, drg. Yenny Maria, Sp. Ort pada saat itu langsung mencetak ulang gigiku dan bikin rujukan untuk rontgen gigi. Dan disini jugalah aku baru tahu bahwa untuk prosedur pemasangan behel diperlukan 2 foto rontgen dan dokter ortho akan meminta foto rontgen gigi kita dari depan dan samping dan bukan seperti yang sebelumnya sudah pernah dilakukan yaitu foto rontgen dari depan saja. Cetakan gigi dan dan 2 foto rontgen ini diperlukan sebagai bahan perhitungan gigi sebelum pemasangan behel nantinya.

Setelah menyerahkan foto rotgen gigi, beberapa hari kemudian aku melakukan janji temu lagi dengan drg. Yenny Maria, Sp. Ort. Dan di pertemuan kami kedua ini, beliau secara terbuka menyerahkan dan menerangkan hasil perhitungan gigi yang sudah Beliau buat. Hasil perhitungan gigi yang daridulu aku tunggu-tunggu di Dokter A, sekarang aku dapatkan di drg. Yenny Maria, Sp. Ort. Dan dari perhitungan itu akhirnya aku bisa melihat dengan jelas bahwa memang ada pencabutan gigi yang kurang pas yang tidak sesuai dengan perhitungan yang sudah dilakukan dokter gigiku sebelumnya.
Sedih nggak? SEDIH BUANGET GILA! Bukan masalah berapa biaya yang udah aku keluarkan, tapi masalah sakit hatinya itu lho! Sakit hati karena harus rela kehilangan 2 gigi geraham sehatku yang ga salah apa-apa tapi terpaksa harus dicabut karena kelalaianku sendiri dalam memilih dokter gigi. Hix...

Waktu itu jelas aku udah hopeless berat ya, "bakal ompong seumur idup dah kalo gini caranya" pikirku dalem ati waktu itu. Karena menurut perhitungan yang telah dibuat, gigi bawahku sebenarnya sudah cukup mundur dan malah tidak boleh mundur terlalu banyak lagi karena bisa mengganggu estetika dan menggangu fungsi gigiku sendiri. Tapi untungnya drg. Yenny Maria, Sp. Ort pada saat itu bersedia mencarikan solusi terbaik buat aku saat itu. Singkat cerita, akhirnya saat itu aku memutuskan untuk pindah dan pasang ulang behel di Klinik joy Dental, dan drg. Yenny Maria, Sp. Ort lagi-lagi berbaik hati untuk tidak charge biaya bongkar behelnya. Thanks a lot, Dok! :)

Nah, pembelajaran apa sih yang bisa diambil dari pengalamanku kali ini?

Pertama, JANGAN PERNAH MAIN-MAIN SAMA BADANMU SENDIRI WALAU SEPERTINYA TERLIHAT SEPELE.
Waktu itu sebenernya aku sendiri sudah di wanti-wanti sama tanteku yang juga dokter gigi untuk pasang kawat gigi atau behel HANYA di dokter gigi spesialis ortho saja karena ilmu untuk memasang kawat gigi ini bukan sembarangan. Seorang dokter gigi harus mengambil kuliah spesialis ortho lagi untuk mampu benar menangani kasus ini. Tapi dasar akunya bandel dan anggep sepele "ah cuma gigi ini" akhirnya kena batunya dan menyesalah diriku ini karena enggak dengerin nasehat tanteku pada saat itu. Kasusku kali ini aku kena sama dokter gigi biasa, yang sebenarnya mengerti tentang masalah pergigian, bisa bayangin ga kalo kamu nekat pasang di tukang gigi yang sama sekali ga punya ilmu di bidang ini? NO deh, mending jangan daripada kamu menyesal di kemudian hari. Karena gigi yang salah geser bukan cuma bisa mempengaruhi penampilanmu aja lho, tapi juga masalah kesehatanmu, dan efeknya bisa bener2 fatal!

Kedua, JANGAN TERBURU-BURU.
Pasang behel itu lama, dear. Ga cuma hitungan minggu atau bulan aja trus bisa kelar. Hitungannya TAHUNAN! makanya jangan buru-buru. Cari referensi sebanyak-banyaknya. Waktu kontrol juga tanyakan secara mendetail soal prosedur pemasangan kawat gigi, apa saja yang akan dokter tersebut lakukan pada gigimu, dan yang paling penting PASTIKAN dokter gigi tersebut memberikan hasil perhitungan gigimu dan mau menerangkankan seperti yang sudah dilakukan oleh drg. Yenny Maria, Sp. Ort.

Ketiga, TANYAKAN DETAIL BIAYANYA.
Pasang kawat gigi itu bukan cuma pasang trus abis itu tuh kawat gigi kamu biarin aja selama beberapa tahun abis itu gigi kamu bakal rapi sendiri, trus udah deh. hehehehe...
Keep it in your mind, pasang kawat gigi itu bakal bikin kamu harus mengeluarkan biaya extra tiap bulannya, karena kamu sangat perlu dan HARUS kontrol rutin kalau gigimu mau cepet rapinya.
Nah, coba tanyakan dengan detail ke FO atau dokter yang bakal menangani kamu, berapa biaya tambal giginya, berapa biaya pembersihan karang gigi, berapa biaya cabut gigi, berapa biaya kontrol tiap bulannya, dll. supaya semuanya transparant sejak awal dan ga bakal deh ada kejadian seperti kasusku mau pingsan gara-gara lihat tagihan dokter gigi yang nggak masuk akal.
Kalau di Joy Dental sendiri aku sukanya yaitu semua biaya jelas dan sangat transparant dan yang paling penting biayanya masuk akal dan nggak bikin kantong kering. Udah gitu, kita hanya di charge untuk biaya alat dan bahan saja dan sama sekali tidak dicharge lagi untuk biaya dokternya. Jadi kontrol tiap bulanpun sekarang sama sekali tidak memberatkan untuk aku.

so, that's what I experienced!
Semoga saja, pengalamanku ini bisa menjadi pembelajaran supaya siapapun yang membaca ceritaku ini tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti yang aku alami ini. Aku pribadi sudah mengiklaskan kejadian ini dan memilih untuk mengambil hikmatnya saja.

Di postku berikutnya, aku akan share secara lebih detail tentang pengalamanku selama 1/2 tahun ini kontrol di Klinik Joy Dental Jogja dan informasi lebih lanjut tentang Klinik Joy Dental. So, stay tuned ya! ;)

Related Post: Pengalaman Memasang Kawat Gigi/Behel di Klinik Joy Dental - Mau Pasang Kawat Gigi/Behel? WAJIB ke Dokter Ortho! (part. 2)

25 comments

Write comments
Raden Ayu/MI
AUTHOR
August 22, 2015 at 4:51 PM delete

aku sempet kepikirn pasang behel, info nya berguna banget nih :)

http://imaginarymi.blogspot.com

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
August 22, 2015 at 5:47 PM delete

Senang deh kalo infonya bisa berguna :)
Makasih ya udah mampir :)

Reply
avatar
Astiani Hayan
AUTHOR
September 28, 2015 at 10:37 PM delete

hallo mba kasus saya mirip banget sama mba, pasang behel bukan di spesialis ortho dan pingin pindah ke spesialis. udah kapok banget pasang di non-spesialis, jadi lagi survei sana sini, untuk mba sendiri gimana berubahan giginya mba, signifikan? terus untuk kontrol apakah ditanganin langsung sama dokter ortho atau ada asistennya? terima kasih sebelumnya mba

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
September 28, 2015 at 10:56 PM delete

Halo Astiani, kalo skrg sudah di dokter ortho penanganan semua ditangani oleh dokter ortho kok, sama asistennya cm kalo ada kasus simple aja, kaya behel copot atau kawat nusuk, tp selain itu semua doktet ortho yang nangani.
Perubahannya lebih signifikan dan cepat sis setelah ditangani dokter ortho. Jadi saranku mending pindah me Dokter ortho aja :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 5, 2015 at 12:29 PM delete

Sama sai gigiku hilang 2 gara2 dokter g btg jwb 😭😭😭 and g busa rapet smp skg... sedih

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
October 5, 2015 at 12:34 PM delete

Waduh kita senasib say.. Hix2.. *bighug..

Reply
avatar
Rita n Didiet
AUTHOR
January 18, 2016 at 9:20 PM delete

Mba mau nanya..yg salah cabut 2 gigi itu..apakah gantinya dgn pemasangan gigi tiruan atau gigi belakang yg digese?senasib nih kita..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 26, 2016 at 12:04 AM delete

Hy mbak, saya juga pny masalah yg sama kyk mbak dan lg kepikiran pasang ulg ke spesialis ortho. Kira2 biaya pemasangan + kontrolnya brp mbak? Makasih

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
February 12, 2016 at 8:57 PM delete

Hi rita n Didiet, awalnya si Dr. Ortho ku bilang akan dipasang gigi palsu, tapi belakangan ini gigi geraham paling belakang ternyata masih bisa digeser, jadi solusinya sekarang gigi geraham depannya jadi digeser maju kedepan :)

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
February 12, 2016 at 9:00 PM delete

aduh sedih ya.. mending sebelum tambah kacau dan terlambat pindah aja say ke spesialis ortho, karena kalau tidak bisa membahayakan kesehatan juga lho.
kalau saya dulu dihitung biaya pasang baru, jadi ya kaya mulai dari 0 lagi ya semuanya.. mulai dari rontgen lagi, bikin cetakan lagi, sampai semua behel lama dilepas dan dipasang ulang behel baru dari dokter ortho nya. kalau biaya kontrol si ga terlalu mahal kalau sekarang. rata2 hanya 100-200rb/kontrol.
Semoga masalahnya cepat selesai ya :)

Reply
avatar
blog
AUTHOR
February 21, 2016 at 10:01 AM delete

pasang behel pertama kali itu berapa biayanya mbk di joy dentail? biaya pasang, cetak, penbersihan karang gigi dll?

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
March 7, 2016 at 3:37 PM delete

hai Kety,
kalau dulu aku pertama kali pasang disana biaya nya 4.75jt, cuma itu sudah 1th yang lalu, jadi apakah biayanya naik/tidak bisa langsung tanyakan ke joy dental ya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 14, 2016 at 10:28 AM delete

mba, alasan doktet nya untuk pasang ulang karena apa? Krn kondisi gigi nya atau behel nya? Makasi mba :*

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
March 14, 2016 at 1:40 PM delete

Hai Septi,
Kalau dokternya bilang si pertama karena kondisi giginya dan pemasangan behelnya yang tidak bagus, kedua karena dia tidak yakin dengan kualitas behel yang dipasang oleh dokter sebelumnya. Makanya cari amannya ya pasang ulang semua dari awal.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 25, 2016 at 4:40 PM delete

Mbak, 4,75 itu pakek bracket apa?

Reply
avatar
kamamoms
AUTHOR
May 27, 2016 at 1:05 PM delete

sis, kalo 2 gigi geraham ada yang patah masih bisa di behel g ya ??

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
May 27, 2016 at 1:07 PM delete

Tergantung geraham mana dulu sis, kalau geraham besar harus diperbaiki dulu sis, karena kan itu utk pegangan keseluruhan behel. Tapi kalau sebelum pakai behel semua gigi emang diperiksa dulu sis, jadi kalau ada yg patah, bolong, dll semua dibikin bener dulu :)

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
June 16, 2016 at 10:54 PM delete

bracket biasa sis... tapi ya bagus sesuai standard

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
June 18, 2016 at 3:57 PM delete

Kak, mau tanyaa. Kalau pemasangan behel ny , selain d rongten apa sudah termasuk pembersihan gigi juga dalam biayanya?? Karena pgen pasang behel juga kak. Terimakasih.

Reply
avatar
Tara rahma
AUTHOR
June 30, 2016 at 4:12 AM delete

Mba boleh mnta emailnya? Aku ada mau nanya penting ttg pengalaman mba ni berkaitan dokter mba sblm pindah dokter kontrol dan msh sama dokter sblmnya itu, smga mba bisa bantu makasih sebelumnya..

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
June 30, 2016 at 4:57 PM delete

Hi Tara, silahkan email ke ephifany@yahoo.com ya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 18, 2016 at 5:04 PM delete

4,75 itu atas bawah ya kak?

Reply
avatar
chris
AUTHOR
August 24, 2016 at 1:29 AM delete

Salam mba Ephi

Waktu pasang behelnya itu bulan berapa dan sampai sekarang sudah terasa perubahannya kah?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 9, 2016 at 10:46 PM delete

Hi

Miss...mo numpang nanya ni...klo nambal gigi graham yg bolong..sm drg yenny maria tepat ya?. Katanya yg paling rame pasiennya ya. Tims

Reply
avatar
Miss Ephifany
AUTHOR
November 9, 2016 at 10:53 PM delete


Kalau dr yenny si dia dokter ortho ya, cm kalau nambal ya seharusnya bisa juga kok

Reply
avatar