Mengenal Macam-Macam Jenis Eyeliner: Beda Eyeliner Pensil, Eyeliner Cair dan Eyeliner Gel

5:20:00 PM 1 Comments A+ a-


Eyeliner merupakan aspek yang sangat penting dari make up.  Kenapa?
Karena dengan satu guratan eyeliner mata akan terlihat lebih tajam dan sexy.
Bukan itu saja, eyeliner juga bisa nembuat mata terlihat lebih besar dan segar. Saya pribadi kenal eyeliner sejak jaman kuliah dan sejak itu jatuh cinta berat pada produk make up yang satu ini.

Di tulisan saya kali ini saya ingin membahas tentang "Apa si bedanya eyeliner pensil, eyeliner cair, dan Eyeliner Gel?"

   

Eyeliner pensil / Pencil Eyeliner

Eyeliner pensil merupakan bentuk paling dasar dari eyeliner. Biasanya eyeliner pensil yang beredar di pasaran ada dalam 2 bentuk, yaitu yang berbentuk seperti pensil dan yang retractable atau berbentuk pensil putar. Bentuknya yang seperti pensil dan kokoh cocok untuk pemula karena penggunaannya yang relatif lebih mudah, seperti menggunakan pensil warna.
Eyeliner jenis inipun biasanya mempunyai variasi warna yang paling banyak seperti hitam, putih, silver, gold, coklat bahkan warna-warna terang seperti pink, ungu, biru, dan hijau. Pengaplikasiannya pun lebih fleksible bisa pada kelopak mata bagian atas, garis mata bagian bawah maupun daerah waterline.
Sayangnya eyeliner jenis ini adalah eyeliner yang paling cepat bleber alias smudge dan memiliki ketahanan warna paling rendah dan paling sering menyebabkan mata panda sehingga tidak cocok digunakan oleh kamu yang mempunyai kulit dan kelopak mata berminyak atau melakukan kegiatan outdoor. Eyeliner jenis ini juga jarang kita temui yang waterproof walau sebenarnya ada, seperti yang di miliki oleh MAKE UP FOR EVER Aqua Eyes (review bisa baca disini).

Berikut beberapa contoh bentuk eyeliner pensil:


 Eyeliner cair / Liquid Eyeliner

Eyeliner cair atau Liquid Eyeliner merupakan eyeliner dengan cairan sebagai elemen dasarnya.
Biasanya eyeliner model ini ada dalam bentuk kuas ataupun pen dengan 2 tipe warna yaitu matte dan glossy. Eyeliner dalam bentuk kuas biasanya memiliki kuas yang lemas, sedangkan yang berbentuk pen memiliki kuas yang lebih bervariatif. Ada yang berbentuk seperti kuas gambar dengan ujung yang bisa lancip ataupun lurus tipis atau bisa juga kaku seperti ujung spidol.
Varian warna Eyeliner cair/liquid eyelier biasanya pun lebih terbatas pada warna-warna dasar saja seperti hitam dan coklat, walau ada juga warna-warna lain seperti putih, biru, ungu, emas dan perak namun jarang sekali ditemukan di pasaran.
Eyeliner seperti ini biasanya jarang sekali bleber/smudge dan menyebabkan mata panda, kalaupun ada biasanya sangat minimalis dan hanya di sudut mata saja. Untuk eyeliner dengan tipe warna glossy biasanya akan mengelupas dan menghilang begitu saja.
Sayangnya eyeliner ini lebih sulit digunakan karena ketika memakainya tangan tidak boleh goyah atau gemetaran. Tapi jika sudah mahir, hasil eyeliner cair jauh lebih bagus dibanding eyeliner pensil karena hasilnya jauh lebih tajam dan rapi apalagi untuk membentuk cat eye eyeliner atau winged eyeliner.
Untuk pengaplikasiannya, eyeliner cair atau liquid eyeliner lebih cocok digunakan pada kelopak mata atas dan bukan pada daerah bawah mata ataupun waterline.
Berikut rekomendasi Miss Ephifany untuk eyeliner cair/liquid eyeliner:
Maybelline HyperShar Liner

Berikut beberapa contoh bentuk eyeliner cair:
 

3. Eyeliner Gel atau Gel Eyeliner

Eyeliner gel atau gel eyeliner adalah eyeliner yang mempunyai tekstur creamy, namun lebih kearah padat dan tidak encer. Eyeliner jenis ini merupakan eyeliner dengan kepekatan warna paling tinggi. Untuk kamu yang suka warna dan bentuk eyeliner yang dramatis paling cocok menggunakan eyeliner jenis ini. Eyeliner gel biasa dijual beserta kuas untuk pengaplikasiannya.
Biasanya eyeliner jenis merupakan eyeliner yang memiliki ketahanan paling kuat dibandingkan dengan jenis eyeliner yang lain. Namun eyeliner gel biasanya hanya ada dalam warna-warna dasar saja seperti hitam dan coklat.
Untuk pengaplikasiannya, eyeliner ini bisa digunakan pada kelopak mata bagian atas maupun garis mata bawah atapun daerah waterline. Walau penggunaannya tidak sesulit penggunaan eyeliner cair, eyeliner ini cocok digunakan oleh orang-orang yang sudah cukup familiar dengan penggunaan eyeliner karena guratannya yang cukup tebal dan pengaplikasiannya yang terputus-terputus.

Berikut beberapa contoh bentuk eyeliner gel:

1 comments:

Write comments